Minggu, 20 Maret 2022

, , , , , ,

Pemenang Wattys 2021 Indonesia

 Pemenang Wattys 2021 Indonesia


Gue gak tau harus mulai dari mana. Tapi pastinya kali ini gue akan bahas cerita gue yang jadi Pemenang Wattys 2021. 

Buat yang belum tau Wattys itu apa, jadi Wattys adalah suatu penghargaan yang diadakan oleh Wattpad untuk penulis di seluruh dunia dan Indonesia jadi salah satu negara yang mengadakan Wattys.

Tahun 2021 bukan tahun pertama gue ikut Wattys. Dari awal gue bikin akun Wattpad dan nulis cerita, gue udah daftarin cerita-cerita gue ke Wattys. Kalau gak salah dari 2016, gue selalu daftarin cerita gue. Jelas berharap banget buat jadi pemenang, sayangnya selama empat tahun gue daftar, gue gak pernah menang.

Jujur gue gak tau apa yang sebenarnya dicari untuk jadi Pemenang Wattys karena gue selalu menyiapkan cerita terbaik gue, cek segala macamnya sebelum daftar, tapi selalu berakhir gak menang. Jelas gue nangis haha tapi gak bisa ubah keadaan karena ya cerita gue gak ada di antara daftar pemenang.

Tapi tahun 2021 gue gak nyerah juga (emang orangnya selalu berjuang padahal gagal mulu), gue daftarin lagi cerita gue ke Wattys. Bahkan gue sampai daftarin tiga cerita karena barang kali ada yang menang, gue harap sih menang semua ya, cuma memang satu doang yang lolos jadi pemenang.

Cerita apa sih yang menang?

Ini dia ....

Jika Bulan Tidak Pernah Ada
by Erlita Scorpio

Jika Bulan Tidak Pernah Ada, adalah cerita tentang seorang cewek bernama Laluna yang sulit melupakan masa lalunya. Di mana dia harus melihat Antariksa, kekasihnya yang dibunuh tepat di depan matanya sendiri, dan penyebabnya pun karena Laluna alasannya. Semenjak itu, hidupnya penuh dengan rasa bersalah dan dia harus menghadapi dirinya sendiri yang tidak bisa menerima kenyataan itu.

Di dalam pikiran Laluna, ia terus menyalahkan dirinya, dan seharusnya Laluna yang dibunuh—bukan Antariksa. Hingga ia menjadi gila atas pikirannya yang penuh oleh Antariksa. Tapi sayangnya Laluna tidak punya teman, mereka semua menganggap Laluna gila karena dia suka berteriak tanpa sebab, marah, dan tidak ingin berbicara dengan orang lain.

Selama empat tahun Laluna menghadapi segalanya sendiri sampai akhirnya Laluna bertemu dengan seorang cowok bernama Rasi Bintang yang sejak saat itu mengubah hidupnya.

Dan Jika Bulan Tidak Pernah Ada juga jadi cerita yang mengubah hidup gue. Cerita ini buat gue jadi ada di antara daftar Pemenang Wattys 2021. Sebegitu dahsyatnya cerita ini sampai bisa wujudkan impian gue selama empat tahun buat jadi Pemenang Wattys.

Gue gak tau apa yang dilakukan Laluna atau Rasi sama hidup gue, tapi menuliskan kisah mereka walaupun gue udah kasih cerita yang menyakitkan untuk mereka hadapi, cuma ternyata dua tokoh ciptaan gue juga yang malah menyelamatkan gue.

Padahal gue udah menyiapkan dua cerita lain, yang bahkan sangat gue persiapkan matang, tapi ternyata Jika Bulan Tidak Pernah Ada yang buat gue jadi lebih dekat lagi sama Wattpad.

Jujur, gue hampir nyerah karena sebelum pengumuman Pemenang Wattys, gue pikir 2021 jadi tahun paling hancur dalam karier menulis gue. Cerita gue gak ada yang baca, gak ada yang komentar, novel gue gak laku, penjualan novel yang terbit pun turun drastis, dan gak se-hype yang gue mau. Gue selalu iri (huhu sifat manusia banget ya) sama penulis lain, cerita-cerita mereka bahkan sampai puluhan juta pembaca, best seller, dan diadaptasi dengan segala hal yang ada di dalam daftar writing goals gue.

Tapi pas lihat pengumuman pemenang di Wattys, cerita Jika Bulan Tidak Pernah Ada masuk jadi salah satu Pemenang Wattys 2021 kategori New Adult.


Gue pun terima DM dari Wattpad kalau cerita Jika Bulan Tidak Pernah Ada memenangkan Penghargaan Wattys 2021. Alhamdulillah banget, gue langsung sujud syukur dan cerita ke orang-orang dengan muka sangat bahagia. Meski pengumuman di bulan Desember, yang gue pikir gue akan menutup tahun dengan penuh kegagalan, tapi ternyata pengumuman itu benar-benar mengejutkan gue.


Gue sangat berterima kasih sama Wattpad dan seluruh juri yang memberi kesempatan cerita Jika Bulan Tidak Pernah Ada untuk jadi Pemenang Wattys 2021. Sekaligus menyelamatkan dan memberi gue kepercayaan buat jangan berhenti nulis.

Buat pembaca gue yang masih mau mendukung gue meski cerita gue yang baca sedikit, terima kasih banyak.

Dan keluarga gue, terkhusus mama dan adik-adik gue yang selalu mendengarkan segala keluh kesah gue setiap hari tentang karier nulis gue. Gue tau kalian mungkin bosan dengarnya. Tapi cuma kalian yang gue punya untuk dengar cerita-cerita kegagalan gue. I love you so much!

Untuk kalian yang sedang baca ini, mau baca cerita Jika Bulan Tidak Pernah Ada bisa langsung cek Wattpad @erlitascorpio atau klik link INI.

3 komentar:

  1. keren banget kak. semoga selalu semangat untuk nulis terus.

    BalasHapus
  2. Semangatnya keren kak, aku juga ingin menang, tapi sayangnya cerita yang aku bikin belum memenuhi syarat.

    Tetap semangat menulisnya kak

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas dukungan dan sudah mampir baca ini. Semangat juga nulisnya supaya bisa ikut wattys tahun depan🥰

    BalasHapus