Selasa, 12 Juli 2022

, , , , , ,

A Memory Of Being A Wattpad Star Indonesia

Berdasarkan artikel yang gue baca di Wattpad, Wattpad Star adalah cara Wattpad mendukung penulis sukses dengan menawarkan alat dan bantuan untuk mempermudah proses perjalanan karier setiap penulis yang tergabung dalam program ini.
Bukan cuma untuk penulis cerita berbahasa Inggris, Wattpad juga memperluas sampai ke seluruh bahasa lainnya, termasuk Indonesia. Kalau gak salah tahun 2020 baru benar-benar ada di Indonesia.

Gue yang saat itu gak tau apa-apa cukup kaget adanya program ini. Tapi sedihnya gue gak termasuk ke dalam angkatan pertama Wattpad Star pada saat itu. Jelas sih gak kepilih karena gue bukan penulis populer di Wattpad, cerita-cerita yang gue tulis juga gak berjuta-juta pembaca, dan kecil kemungkin gue terlihat sama Wattpad sendiri.

Iya, gue memang selalu menyalahkan diri gue sendiri karena gue sadar kalau gue gak pernah jadi orang pertama dalam segala hal, termasuk jadi Wattpad Star. Pokoknya ya kayak ... orang lain tuh bisa duluan sukses sementara gue harus usaha dulu atau tunggu bertahun-tahun sampai gue berhasil dapatkan sesuatu yang gue mau. Jadi kesannya kayak anjir udah basi! Udah gak eksklusif lagi! Lo cuma orang ke sekian dari program yang orang-orang udah gak tertarik lagi.

Butuh dua tahun gue berjuang buat sampai di titik ini. Sampai jadi Wattpad Star, sampai ada lencana bintang di sebelah username Wattpad gue. Dan itu juga karena akhirnya setelah gue berhasil menang Wattys di tahun keenam usaha gue mendaftarkan cerita-cerita gue ke ajang penghargaan itu. Yang sebelum-sebelumnya sama sekali gak pernah menang. Dari situ, gue jadi melangkah lebih dekat lagi sama Wattpad karena mereka menawarkan gue untuk bergabung ke dalam program Wattpad Star Indonesia.

Gue senang, gue gak capek terus berjuang, walaupun mungkin orang mikir apa sih aneh banget? Dapat bintang doang aja lo seneng?

Tetapi kalau dilihat dari mata orang normal sih itu memang aneh hahaha .... Cuma menurut pandangan gue, bintang itu aja udah berarti karena artinya gue berhasil dapatkan apa yang udah gue usahakan selama ini.

Kalau kalian mau tau, gue cerita ke keluarga gue dengan muka yang amat bahagia (mungkin dipikir stress sama orang) karena akhirnya gue berhasil jadi Wattpad Star Indonesia untuk pertama kalinya tahun 2022.

Bulan April akhirnya lencana Wattpad Star ada di sebelah username gue. So happy!


Pengalaman jadi bagian program ini buat gue bangga, Wattpad benar-benar bantu cerita gue buat jadi dilihat lebih banyak pembaca. Cerita-cerita gue yang cuma 20K pembaca aja bisa naik jadi 100K cuma dalam sebulan karena dipromosikan di halaman depan aplikasi. Ini sangat membantu penulis cerita yang pembacanya dikit kayak gue.

Tapi sadly, tahun 2022 juga jadi akhir dari program ini. Bisa disimpulkan, gak sampai setahun gue jadi Wattpad Star. Asli sediiiih banget sih :") 

Tau kan perjuangan gue gimana dari awal baca tulisan ini? Butuh dua tahun lebih buat gue dapat di posisi ini, eh, ternyata gue malah jadi angkatan terakhir di program yang gue kejar mati-matian.

Pas ketik ini, jujur, gue sedih banget dan kepikiran banget haha .... Capeknya gue agak dibikin bercanda jadinya. But, gue harap gue masih punya kesempatan baru lagi nantinya yang membantu karier menulis gue and i hope i can be the first yang bisa merasakan program lain dari Wattpad nantinya.

So ... this is a memory of being a Wattpad Star Indonesia!

FOLLOW ME ON WATTPAD

0 Comments:

Posting Komentar